Kurikulum

Berbagai perubahan sosial saat ini sedang berlangsung secara dinamis dan cepat. Perubahan sosial yang ada tersebut muncul bersamaan dengan semakin kompleksnya struktur sosial yang berkembang di berbagai komunitas.Akibatnya, kekuasaan tidak lagi menjadi bersifat formal, monolitik dan solid semata, melainkan juga menyebar ke berbagai relung sosial yang ada sehingga lebih menampakkan wajah day-to-day politics. Dengan demikian pengelolaan ketatapemerintahan (governance) dan barang-barang publik (public goods) tidak lagi menjadi monopoli entitas yang bernama ”pemerintah” semata.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi yang bergerak dalam kajian Ilmu Politik dan Pemerintahan di Indonesia, Jurusan Politik dan Pemerintahan (selanjutnya disingkat: JPP) Fisipol UGM berusaha merespon berbagai dinamika realitas sosial yang ada dengan terus-menerus mengembangkan kurikulum yang responsif terhadap perubahan sosial.  Pada tahun 2006, JPP menyusun kurikulum baru. Arah pengembangan kurikulum tersebut  ditentukan dengan memperhatikan kepentingan untuk mencapai visi & misi jurusan, yakni sinergi antara pengembangan keilmuan (academic vision) serta kebutuhan akan kompetensi lulusan dan pengembangan karir mahasiswa (market signal). Selain itu, pengembangan kurikulum juga didasarkan atas keseimbangan antara dimensi keilmuan dengan dimensi praktis; dimensi universal dengan dimensi kontekstual,  dimensi generik dan tematik, dimensi formal dan informal serta komparatif. Harapannya, pengembangan kurikulum tersebut akan berujung pada adanya kontribusi keilmuan yang transformatif dan mampu memfasilitasi mahasiswa untuk menentukan arah pengembangan karir mereka.

Tentu saja, pengembangan kurikulum tersebut ditopang dengan sistem pembelajaran yang menekankan pada pola pembelajaran aktif berbasis riset. Dimana mahasiswa akan diajak untuk berfikir rasional, sistematis, dan kritis serta menjunjung kejujuran dan kebenaran. Semua dikemas secara inovatif melalui upaya fasilitasi berbagai kegiatan mahasiswa dalam wadah Laboratorium Ilmu Pemerintahan.

Download  Kurikulum JPP UGM 2009

Komentar ditutup