Program Studi Politik dan Pemerintahan UGM saat ini menawarkan empat konsentrasi keilmuan yaitu Politik Indonesia, Politik Lokal dan Otonomi Daerah, Tata Kelola Pemilu, serta Hak Asasi Manusia dan Demokrasi.

  1. Politik Indonesia

Konsentrasi ini mendalami tentang dinamika politik Indonesia pada level nasional. Melalui konsentrasi ini mahasiswa didorong untuk memahami aktor, institusi, mekanisme, serta arah perubahan politik di Indonesia dari waktu ke waktu. Mahasiswa akan mempelajari tentang variasi pendekatan dan teori yang menjelaskan perubahan tersebut. Kompetensi analitik akan menjadi dimensi utama yang akan dikembangkan melalui konsentrasi ini.

  1. Politik Lokal dan Otonomi Daerah

Konsentrasi ini mengeksplorasi perubahan politik dan pemerintahan pada skala lokal terutama pasca reformasi politik dan implementasi kebijakan desentralisasi. Meski begitu, melalui desain perkuliahan yang ada mahasiswa juga didorong untuk memahami perkembangan pada konteks yang lebih luas. Perubahan di tingkat lokal adalah juga hasil dari pengaruh dan perubahan yang terjadi pada tingkat nasional dan global. Konsentrasi ini hendak mendorong mahasiswa untuk memiliki kompetensi analitik yang kuat namun juga dipadukan dengan kompetensi praktis dan advokatif yang memungkinkan mahasiswa terlibat aktif dalam perubahan  sosial di tingkat lokal.

  1. Tata Kelola Pemilu

Pemilu telah menjadi mekanisme penting dalam pelembagaan demokrasi di Indonesia. Karena itu dibutuhkan sumber daya manusia yang kuat untuk mengawal pemilu yang berkualitas dan berkeadilan. Konsentrasi ini membekali mahasiswa dengan kompetensi analitis dan praktis dengan mendorong pemahaman tentang aspek-aspek makro maupun mikro dalam pengelolaan pemilu. Melalui proses perkuliahan yang melibatkan metode yang lebih aktif mahasiswa juga akan didorong untuk menemukan solusi-solusi riil tentang pengelolaan pemilu yang lebih transparan, akuntabel, dan demokratis.

  1. Hak Asasi Manusia dan Demokrasi

Hak Asasi Manusia (HAM) dan demokrasi telah menjadi norma global yang penting dan melandasi setiap praktek sosial dan politik. Meski begitu sebagai norma global dalam prakteknya HAM dan demokrasi seringkali melahirkan ketegangan-ketegangan baru karena adanya variasi konteks sosial dan politik. Konsentrasi HAM dan Demokrasi  Prodi S2 Politik dan Pemerintahan berupaya untuk memahami ragam perspektif dalam area ini. Fokus akan diarahkan tidak hanya pada dimensi nilai namun juga aspek kelembagaan serta dampaknya terhadap perubahan sosial dan politik. Konsentrasi ini mendorong mahasiswa untuk memiliki kompetensi analitik yang kuat serta kemampuan advokatif yang terkait dengan demokrasi dan hak asazi manusia.

 

Mahasiswa yang mengambil perkuliahan di Prodi S-2 Departemen Politik dan (DPP) Fisipol UGM akan dibebani kewajiban untuk menempuh  SKS Kumulatif sebanyak 45 SKS. Adapun rincian nama mata kuliah dan beban SKS ada dalam tabel berikut ini :

 

STRUKTUR KURIKULUM

Rancangan pembelajaran

Semester I

Daftar Mata Kuliah Wajib

Semester II

Daftar Mata Kuliah Wajib

Daftar Mata Kuliah Pilihan

Pada Semester II Mahasiswa diwajibkan untuk memilih 4 Mata Kuliah sesuai dengan minat kajian yang dipilih, 1 dari 4 mata kuliah yang dipilih bisa MK lintas Konsentrasi

Konsentrasi Politik Indonesia

Konsentrasi Politik Lokal dan Otonomi Daerah

Konsentrasi Hak Azasi Manusia dan Demokrasi

Konsentrasi Tata Kelola Pemilu

Semester III

Semester IV