Human Security & Politik Perbatasan

[caption id="attachment_2563" align="alignleft" width="202"]Human Security di Perbatasan - Yohanes Sanak Human Security di Perbatasan - Yohanes Sanak[/caption]

Penulis: Yohanes Sanak

Tahun terbit: 2012

Dimensi: 222 + xx halaman. 140 x 210 mm

ISBN: 978-602-96762-9-7

Harga: Rp. 40.000,00

 

Buku ini mencermati bagaimana wilayah perbatasan di kelola di Indonesia melalui kebijakan negara. Dalam buku ini penulis menyoroti ketimpangan dalam kebijakan pengelolaan wilayah perbatasan di Indonesia, yang lebih menekankan pada elemen wilayah ketimbang elemen penduduk atau manusia yang tinggal di wilayah perbatasan. Lebih spesifik lagi, penekanan pada aspek wilayah ini juga didominasi oleh perspektif keamanan yang bersifat konvensional di mana ancaman cenderung diasumsikan selalu datang dari luar.

Dengan melihat ketimpangan tersebut melalui analisis StrengthWeaknessOpportunity dan Treath atau SWOT, penulis mengajukan argumentasi untuk mengedepankan pendekatan human–security sebagai pendekatan alternatif untuk pengelolaan wilayah perbatasan yang lebih komprehensif. Patut dicatat bahwa dalam argumentasinya yang dituangkan dalam buku ini, penulis sama sekali tidak berpretensi untuk mengabaikan elemen wilayah sama sekali, namun, yang menjadi salah satu poin penting dalam buku ini, adalah keniscayaan pengolaan wilayah perbatasan dengan memperhatikan elemen wilayah dan penduduk secara berimbang di mana ketimpangan dalam pengelolaan malah akan menimbulkan potensi ancaman terhadap kedaulatan negara yang lebih serius.