PANDUAN TRANSISI AKADEMIK KURIKULUM 2016

Departemen Politik dan Pemerintahan (DPP) FISIPOL UGM berusaha untuk merespon perubahan kontekstual pada tataran pengelolaan pemerintah baik di level lokal, nasional maupun internasional dengan melakukan sejumlah perubahan pada struktur makro kurikulum 2016. Tujuan perubahan tersebut untuk memadukan antara kepentingan untuk melakukan pengembangan keilmuan (academic vision) dan kebutuhan untuk meningkatkan kompetensi lulusan agar sesuai dengan kebutuhan pasar (market signal) yang dinamis.

Melalui perubahan kurikulum tersebut diharapkan mahasiswa lulusan DPP dapat terserap dalam dunia kerja secara lebih cepat dan kompetitif. Oleh karena itu, perlu diketahui bersama bahwa perubahan kurikulum 2016 ini akan mulai diberlakukan secara utuh untuk mahasiswa angkatan 2016, 2017, 2018, dan seterusnya (detail uraian tentang Kurikulum 2016 tersedia di PANDUAN TRANSISI AKADEMIK Kurikulum 2016). Sedangkan bagi mahasiswa angkatan 2015, 2014, 2013, 2012, dan seterusnya yang masih aktif dan belum lulus teori akan mengalami skema transisi kurikulum.

Adapun mekanisme transisi kurikulum tersebut didasarkan pada prinsip sebagai berikut:

1. Memberi kemudahan pada mahasiswa dalam melakukan penyesuaian mata kuliah yang tersedia dalam kurikulum 2016.

2. Mata kuliah yang telah di tempuh di semester sebelumnya tetap di akui dan di hitung sesuai jumlah SKS yang di tempuh oleh mahasiswa yang bersangkutan sehingga mahasiswa tidak akan dirugikan dengan adanya perubahan kurikulum 2016.

3. DPP melakukan mekanisme yang terlembaga dalam mengawal proses transisi kurikulum 2016.

Berdasarkan prinsip-prinsip tersebut, maka selanjutnya mahasiswa angkatan 2015, 2014, 2013, 2012, dan seterusnya yang masih aktif dan belum lulus teori diharapkan dapat membaca dan memahami beberapa perubahan yang ada sebagaimana tertuang dalam PANDUAN TRANSISI AKADEMIK Kurikulum 2016 Prodi S1 DPP. Panduan ini akan diawali dengan deskripsi mengenai prinsip dasar penyesuaian kurikulum 2016. Selanjutnya, akan dijelaskan juga mekanisme pengulangan mata kuliah beserta mekanisme penghapusan mata kuliah, dan konsultasi transisi kurikulum 2016. Panduan ini akan diakhiri dengan lampiran yang memuat rincian perubahan kode mata kuliah berdasarkan sekuen perkuliahan dan mata kuliah pilihan jurusan berdasarkan sekuen perkuliahan.