[RISET POLGOV DPP UGM] Workshop Penelitian “Pilkada Serentak 2017”

Workshop local election

 

 

PolGov DPP UGM bekerjasama dengan Australian National University (ANU) menyelenggarakan workshop persiapan riset “Local Elections 2017” pada 15-16 Desember 2016 di Yogyakarta. Program riset ini untuk meneliti dinamika Pilkada Serentak tahun 2017. Sebanyak 41 peserta hadir, yang terdiri atas dosen DPP, peneliti PolGov-DPP, serta para peneliti yang proposalnya terpilih dalam seleksi “Call for Proposal.” Workshop ini membahas sejumlah sub-tema, yaitu kapitalisasi demokrasi, politik uang, strategi kampanye, peran aktor lokal dan pelembagaan parpol di akar rumput.

Workshop ini bertujuan mematangkan rencana riset 19 peneliti yang berasal dari Aceh sampai Papua, seperti bagaimana menyusun kajian pustaka berdasarkan analisis riset terdahulu yang berkaitan dengan pemilu maupun politik uang di Pemilu 2014. Melalui workshop ini, peserta dapat berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai kajian pustaka serta metodologi penelitian yang akan digunakan.

Dengan perkembangan politik yang makin dinamis, workshop ini diharapkan dapat memperkuat jaringan antarpeneliti muda dalam negeri sekaligus mendorong kolaborasi internasional. Termasuk bagaimana mengonsolidasikan demokrasi melalui pembelajaran politik dan pemerintahan. [Irwan]