Presentasi Hibah Riset dan Pengabdian Masyarakat 2017 oleh Mahasiswa, Dosen, dan Peneliti DPP UGM

Pada tahun 2017, FISIPOL UGM memberikan Hibah Riset dan Pengabdian Masyarakat kepada 66 riset terpilih. Sebanyak 66 riset terpilih ini berasal dari kategori hibah kolaboratif, hibah kompetitif, pengabdian masyarakat, hibah mahasiswa S1, hibah mahasiswa S2, dan hibah mahasiswa S3. Departemen Politik dan Pemerintahan (DPP) UGM berhasil mendapatkan 12 hibah riset tersebut dari kategori hibah kolaboratif, pengabdian masyarakat, hibah mahasiswa S1, hibah mahasiswa S2, dan hibah mahasiswa S3.

Pada Senin (24/7) para penerima hibah melakukan presentasi laporan kemajuan riset mereka. Presentasi diselenggarakan dibeberapa ruang yang berbeda, sesuai dengan katergori hibah. Riset kolaboratif dilakukan di ruang sidang dekanat, riset pengabdian masyarakat diselenggarakan di ruang IUP BA 211, dan hibah mahasiswa diselenggarakan di BA 402.

Berikut daftar 12 riset mahasiswa, dosen, dan peneliti DPP UGM yang terpilih dalam Hibah Riset dan Pengabdian Masyarakat 2017:

Hibah Kolaboratif

  1. Dr. Nanang Indra Kurniawan, S.IP., M.P.A. (Ketua): Adaptive Resource Conflict Management Strategies in Decentred and Multi-Level Governance Context.
  2. Dr. Amalinda Savirani, S.IP., MA. (Ketua): “Vertical Politics”: socio-economic, and political impacts of vertical housing (“Rusunawa”) in Jakarta and Yogyakarta.
  3. Dr. Cornelis Lay, M.A. (Ketua): Geo-literacy: North Sulawesi as Maritime Frontier.

Hibah Pengabdian Masyarakat

  1. Dra. Ratnawati, S.U. (Ketua): Internalisasi Nilai - Nilai Multi Kulturalisme melalui Metode InterCommunities Engagement Building (ICEB) untuk Mewujudkan Kepedulian Diantara Komunitas / Organisasi Mahasiswa Daerah di Yogyakarta.
  2. Ashari Cahyo Edi, S.IP, MPA. (Ketua): Pendampingan Formulasi Kewenangan Desa (Program Pendamingan Penyusunan Naskah Akademik Peraturan Desa Tentang Kewenangan Asal-Usul dan Kewenangan Lokal Berskala Desa, Desa Tirtosari, Kecamatan Kretek.

Hibah Mahasiswa S1

  1. Wegik Prasetyo: Beyond Protest Voting: Membaca Pesan Tersembunyi di Balik Surat Suara.
  2. Wulan Hardiyati Pangestika: Demokrasi Dalam Ruang Digital: Studi Kasus Qlue Sebagai Bagian Program Jakarta Smartcity.
  3. Faiz Kasyfilham: Berebut Lahan (Studi tentang Proses Debottlenecking dalam Proses Pembangunan di Kabupaten Sleman yang Berimplikasi pada Adanya Alih Fungsi Lahan di Kabupaten Sleman).
  4. Irwan Harjanto: Imaji Kesejahteraan Proyek Industrialisasi Studi Ekonomi Politik Industri Krakatau Steel dalam Membangun Masyarakat Industri di Kota Cilegon, Banten.

Hibah Mahasiswa S2

  1. Zulfa Harirah MS: Kerangka Koalisi Advokasi dalam Kebijakan Penataan Permukiman Bantaran Sungai Winongo di Kota Yogyakarta.
  2. Yuseptia Angretnowati: Wacana "Moderasi" PP Muhammadiyah (Studi Mengenai Peran Organisasi Masyarakat Sipil dalam Kebijakan Anti-Terorisme di Indonesia).
  3. Fikri Disyacitta: Urban Farming Sebagai Gerakan Sosial Kelas Menengah : Studi Kasus di Surabaya.

Hibah Mahasiswa S3

  1. Amin Tohari: Pem(b)erdayaan; Studi Kontestasi Proyek Hegemoni Empowerment di Indonesia.
  2. Willy Purna Samadhi: Demokrat yang Gagap: Refleksi atas Agenda dan Strategi Gerakan Prodemokrasi di Indonesia 2003-2013.

Presentasi penerima hibah dari DPP dihadiri oleh tim reviewer yang berasal dari dosen FISIPOL dan peneliti PolGov sendiri. Acara ini membantu para penerima hibah riset untuk menyempurnakan riset mereka, mengingat riset ini masih berjalan. Riset ini tidak hanya membantu dosen untuk memperkaya kajian mereka, tetapi juga mengembangkan kapasitas mahasiswa DPP dalam melakukan riset. Harapannya riset-riset dari hibah ini sesuai serta memperkaya kerangka keilmuan DPP UGM.