PELATIHAN TAHUNAN ASIA-PASIFIC HUB TAHUN KE-LIMA

 

Research Center for Politics and Government (PolGov), Departemen Politik dan Pemerintahan UGM menyelenggarakan pelatihan tahunan 'The Asia Pacific Hub' (ASPACHUB) tentang pengelolaan sumber daya alam. Tema yang dipilih dalam pelatihan tahun ini adalah 'Advancing Accoutable Resource Governance in Asia Pasific 2018'. 

Pelatihan ini dilangsungkan di Tanjung Pandan, Belitung dari tanggal 8-19 Januari 2018. Acara ini dibuka Senin (8/01) dan menghadirkan 'keynote speech' Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar pada hari Selasa (9/01).

Pelatihan ini merupakan kerjasama PolGov DPP UGM, dan Natural Resource Governance Institute (NRGI). 

Sejumlah 28 peserta dari Amerika Serikat, Filipina, Indonesia, Inggris, Myanmar, Thailand, dan Vietnam hadir dalam kegiatan ini. Mereka berasal dari berbagai berbagai latar belakang, mulai dari lembaga pemerintah, aktivis LSM dan praktisi dari industri ekstraktif. 

Seperti tahun sebelumnya pelatihan tidak hanya dilakukan di dalam kelas namun juga melibatkan peserta ke lapangan untuk melihat langsung persoalan dan pengelolaan sumber daya alam. Peserta akan melakukan kunjungan ke lokasi penambangan di Belitung. Mereka juga akan berdiskusi dengan pemerintah daerah tentang bagaimana mengelola sumber alam di areanya.

Narasumber handal dari berbagai negara yang memiliki keahlian dalam industri ekstraktif akan memfasilitasi peserta untuk memahami dan meningkatkan ketrampilan terkait dengan pengelolaan sumberdaya alam.

Kegiatan ini diharapkan tidak hanya menjadi forum berbagi pengetahuan dan ketrampilan  namun juga  juga menjadi wahana DPP untuk terlibat aktif dalam peningkatan pengelolaan industri ekstraktif di Asia-Pasifik.