Departemen Politik dan Pemerintahan (DPP) adalah nama baru yang digunakan sejak Januari 2016. Penamaan baru ini terkait dengan proses restrukturisasi kelembagaan di Universitas Gadjah Mada, khususnya pengelompokkan ulang program studi pasca sarjana mengikuti disiplin keilmuan. Prodi dengan disiplin yang sama, baik di tingkat S1, S2 dan S3 dikelompokkan menjadi satu dan menjadi bagian dari satu departemen. Setelah proses restrukturisasi 2010, DPP mengelola Program S2, dengan tiga konsentrasi (Politik Lokal dan Otonomi Daerah, Politik Indonesia dan Hak Azasi Manusia dan Demokrasi), serta program S3 Ilmu Politik.

Sebelum nama baru ini, DPP bernama Jurusan Politik Pemerintahan (JPP) 2010 sampai dengan 2016, dan sebelumnya Jurusan Ilmu Pemerintahan (JIP) antara tahun 1955 sampai dengan 2010 yang hanya melakukan kegiatan akademik untuk tingkat sarjana strata 1.

Selain menyelenggarakan kegiatan akademik, DPP juga melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Unit khusus di bawah departemen yang melakukan kegiatan ini adalah “PolGov (Politics and Government) Research Centre”

VISI DPP

DPP mempunyai visi untuk mewujudkan lembaga ini sebagai salah satu pusat pengembangan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang berpihak kepada nilai-nilai demokrasi dan kemanusiaan. Kami menyebutnya “Humanizing Politics”.

MISI DPP

Mimpi atau visi ini kami terjemahkan ke dalam misi-misi  sebagai berikut:

  1. Mengembangkan kapasitas akademik mahasiswa di bidang ilmu politik melalui penguatan kompetensi menguasai dasar-dasar berpikir ilmiah, penguasaan teoritis dan analitis, serta memiliki ketrampilan praktis yang berpihak pada demokrasi dan kemanusiaan.
  2. Mengembangkan topik penelitian di bidang politik dan pemerintahan yang memberikan kontribusi bagi pengembangan pengetahuan, kebijakanm, dan pemberdayaan masyarakat.
  3. Mengembangkan kepekaan sosial mahasiswa dan civitas akademika departemen terhadap dinamika yang terjadi dalam masyarakat sehingga bisa berkontribusi bagi penguatan masyarakat.